Rabu, Maret 27

LAPAS KOTAAGUNG BERSAMA WARGA PEKON WAY GELANG BERSIH-BERSIH MASJID


Tanggamus, www.lampungheadlines.comDalam membangun image yang fositif dengan masyarakat terhadap Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Kotaagung Kabupaten Tanggamus menggelar Bakti Sosial dengan membersihkan masjid Mmasjid Nurul Iman di Pekon Way Gelang Kecamatan Kotaagung Barat.27/03/19.

Jajaran lapas Kotaagung dan WBP Serta bersama dengan warga seputaran masjid Nurul Iman, Pekon Way Gelang, Kecamatan Kota Agung Barat melaksanakan bersih lingkungan masjid setempat dalam kegiatan "Bakti Merah Putih Narapidana Membersihkan Rumah-Rumah Ibadah". Kegiatan yang konsen pada kebersihan lingkungan dan pendekatan kepada masyarakat setempat masih dalam rangka peringatan Hari Bhakti  Pemasyarakatan ke - 55 tahun. Dalam kegiatan ini, petugas Lapas yang diturunkan sebanyak 40 orang dan warga binaan pemasyarakatan (WBP) 10 orang dan dibantu dengan warga setempat.

Kasi Binadik Lapas Kota Agung Ferdika Canra mewakili Kalapas setempat Sohibur Rahman mengatakan, kegiatan yang dilaksanakan ini berdasarkan surat perintah Sekretaris Direktorat Jenderal Pemasyarakatan No. PAS1.UM.01.01.176 tanggal 21 Maret 2019 dan bertepatan dengan peringatan hari Bhakti Pemasyarakatan yang ke 55 tahun.

Bukan hanya itu saja, giat kebersihan ini juga merupakan sebuah metode pembinaan yang memadupadankan pembidangan kepribadian dan kemandirian dalam satu kegiatan nyata. Dengan demikian, nantinya ketika para WBP ini kembali kemasyarakat, tidak ada lagi kata kaku atau pun canggung dan harapannya bisa diterima dikalangan masyarakat ditempat tinggalnya kelak.

"Ya kita berharap juga dapat menimbulkan
semangat perubahan pada diri WBP untuk menumbuhkan rasa turut memiliki dan bertanggung jawab sebagai bentuk pengejawantahan revolusi mental yang didasarkan pada semangat pemasyarakatan dalam membangun kapasitas para pelanggar hukum agar menjadi pribadi yang lebih
baik". Ujar Ferdika didampingi Kasubag TU Lapas setempat Syamsudin.

Lebih jauh Ferdika mengatakan, kegiatan sosial bersih bersih rumah ibadah ini juga sebagai bentuk sarana dalam membangun kemampuan dan kepercayaan diri para
WBP untuk dapat berinteraksi kembali secara optimal di dalam lingkungan masyarakat dan juga bentuk implementasi peningkatan peran serta dan kontribusi para WBP dalam melaksanakan dan mengembangkan program pembinaan guna mencapai
tujuan pemasyarakatan serta menanamkan nilai-nilai kemanusiaan.

"Rasa memiliki dan rasa cinta terhadap sesama dan Memupuk sikap gotong royong serta rasa kebersamaan diantara 3 elemen
penunjang pelaksanaan pemasyarakatan, yaitu para narapidana, masyarakat dan petugas pemasyarakatan," pungkasnya.

Sementara itu, pengurus Masjid Nurul Iman, Zainul, mengatakan, dengan adanya kegiatan ini diharapkan adanya hasil karya narapidana yang bermanfaat bagi masyarakat umum sebagai bentuk permohonan maaf atas kekhilafan yang dilakukan dan telah mencederai masyarakat."Ya senang adanya kegiatan ini, ini bukti bahwa Lapas juga sangat perduli dengan masyarakat sekitarnya,"jelasnya.

Sementara itu Mansur Warga Pekon Way gelang saat tengah membantu membersihkan rumput bersama warga lainya menyampaikan, Sangat mengapresiasi kegiatan yang digelar Lapas Kotaagung, dengan cara seperti ini warga masyarakat khususnya pekon Way Gelang tau bahwa image lapas serta jajaran yang selama ini seram atau galak tidak seperti yang orang bayangkan. Dirinya mengaku baru kali turut membantu bersama Lapas membersihkan Masjid.

" Kami apresiasi kegiatan seperti ini, yang pastinya kami menyambut sangat baik, karena setau saya bersih dimulai dari diri sendiri seperti pepatah lama yang mengatakan "Bersih pangkal Sehat,"katanya. (Rudi)

SHARE THIS

Author:

Etiam at libero iaculis, mollis justo non, blandit augue. Vestibulum sit amet sodales est, a lacinia ex. Suspendisse vel enim sagittis, volutpat sem eget, condimentum sem.

0 Comments: