Senin, Januari 21

Faktor Penghujan, Pasien DBD Di RSUD Tanggamus Meningkat

Foto: RSUD batin Mangunang Kota Agung tampak dari muka.

Tanggamus, www.lampungheadlines.com - Rumah Sakit Umum daerah (RSUD) Batin Mangunang Kota Agung Kabupaten Tanggamus telah menangani kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) yang melanda sebagian masyarakat, Yang diakibatkan faktor musim penghujan dimana penyebarannya yang dibawa oleh nyamuk yang disebut aedes aegypti.

Direktur Rumah sakit umum daerah Batin Mangunang Kotagung kabupaten tanggamus Dr. Diyan Ekawati SP mengungkapkan, Rumah sakit daerah batin mangunang merawat pada medio desember 2018 sebanyak 12 kasus DBD dan sampai hari ini menambah 1 orang lagi serta total menjadi 13 kasus DBD sampai januari tahun 2019. Dan tidak ada yang fatal dalam penanganan DBD ini karena pengobatan baik sesuai dengan prosedur, setiap kejadian DBD pihak rumah sakit selalu melaporkan ke dinas kesehatan Kabupaten tanggamus, Senin (21/01).

" Serta rumah sakit juga telah mengusulkan kepada dinas kesehatan untuk segera melakukan foging khususnya di lingkungan  rumah sakit untuk mengantisipasi kejadian serupa dirumah sakit platform merah milik pemerintah ini," paparnya

Dirinya menambahkan, demam berdarah dengue (DBD) adalah penyakit menular yang disebabkan oleh virus dengue yang dibawa oleh nyamuk. Demam berdarah DBD dulu disebut penyakit “break-bone” karena kadang menyebabkan nyeri sendi dan otot di mana tulang terasa retak.

Demam berdarah ringan menyebabkan demam tinggi, ruam, dan nyeri otot dan sendi. Demam berdarah yang parah, atau juga dikenal sebagai dengue hemorrhagic fever,dapat menyebabkan perdarahan serius, penurunan tekanan darah yang tiba-tiba (shock). sebenarnya itu semua bisa dihindari dengan menjaga diri dan juga lingkungan tetap bersih, untuk nyamuk jenis aedes aegypti dilakukan pengasapan melalui foging yang dilakukan puskesmas setempat dengan mengusulkan kepada dinas kesehatan tanggamus, serta untuk jenis jentik -jentik nyamuk yang ada dipenampungan air dapat dilakukan dengan menebarkan obat Abate.

" dari 13 kasus DBD ini sebagaian ada yang rujukan puskesmas dibeberapa kecamatan seperti Kecamatan semaka, Bandar Negeri semuong, Kotaagung Barat, Kotaagung Pusat, dan wonosobo serta juga ada pasien yang datang langsung ke RSUD Batin Mangunang,"ungkapnya. (Rudi)

SHARE THIS

Author:

Etiam at libero iaculis, mollis justo non, blandit augue. Vestibulum sit amet sodales est, a lacinia ex. Suspendisse vel enim sagittis, volutpat sem eget, condimentum sem.

0 Comments: