Kamis, Januari 17

SUKSESKAN PEMILU 2019, DISDUKCAPIL LAKUKAN PEREKAMAN KTP-EL KHUSUS NAPI DI LAPAS


TANGGAMUS, WWW.LAMPUNGHEADLINES.COMDinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Tanggamus menyambangi Lapas Kelas II B Kotaagung pada Kamis, (17/1).  Kunjungan petugas Disdukcapil tersebut dalam rangka melakukan perekaman dan cetak data KTP elektronik serentak bagi warga binaan Lapas Kotaagung yang berdomisili di wilayah Tanggamus.

"Perekaman dan pencetakan KTP elektronik ini salah satu upaya pemenuhan hak politik Narapidana untuk mencoblos pada Pilpres dan Pileg bulan April nanti. Kami terus berkordinasi dengan Dinas Dukcapil di wilayah Lampung, jadi meskipun badan mereka terkurung, tapi mereka masih memiliki hak memberikan suara". Terang Sohibur yang meninjau langsung perekaman usai menghadiri Upacara Kesadaran Nasional di Lapangan Pemda Tanggamus.

Saat ini Lapas Kotaagung dihuni oleh 385 orang narapidana, terdiri dari 87 orang napi berdomisili di Tanggamus, 106 orang dari Bandar Lampung, 9 dari Lampung Utara dan 14 orang dari Pesawaran. 

Sisanya 5 orang dari Metro, 7 orang dari Lampung Timur, 5 orang dari Tulang Bawang, 2 orang dari Waykanan, 23 dari Lampung Tengah, 45 orang dari Pringsewu, 18 orang dari Lampung barat, 16 orang dari Pesisir Barat dan 3 orang dari Mesuji. Sementara itu 10 orang lainnya merupakan narapidana yang berdomisili di luar Provinsi Lampung.

Perekaman dan Pencetakan KTP elektronik ini dilaksanakan selama 3 hari mulai tanggal 17 sampai 19 Januari 2019, dengan target 385 orang narapidana telah mendapat KTP elektronik seluruhnya sebelum April 2019. 

Dengan demikian diharapkan seluruh warga binaan Lapas Kotaagung dapat tercantum dalam Daftar Pemilih Tetap dan menggunakan hak suaranya dalam pemilu nanti. 

"Selain itu, dengan adanya KTP elektronik, seluruh warga binaan menjadi terjamin hak perawatan kesehatannya dengan terdaftar sebagai anggota BPJS." Pungkas Sohibur.(ris/Rudi)

SHARE THIS

Author:

Etiam at libero iaculis, mollis justo non, blandit augue. Vestibulum sit amet sodales est, a lacinia ex. Suspendisse vel enim sagittis, volutpat sem eget, condimentum sem.

0 Comments: