Minggu, Januari 20

Tanggul Way Semuong Jebol, Banjiri Pemukiman Banding Dan Rajabasa

Foto: Salah satu rumah warga terendam banjir yang meluap. 

Tanggamus, www.lampungheadlines.com -  Hujan yang mengguyur daerah tanggamus kembali membuat Banjir bandang menerjang pemukiman masyarakat dibeberapa pekon di kecamatan bandar negeri semuong kabupaten tanggamus, alhasil tanggul penahan sementara di Way Semuong yang dibuat oleh BPBD pasca banjir beberapa waktu yang lalu kembali menjebol dan membanjiri pemukiman penduduk, Minggu (20/01).

Iskandar (35) masyarakat Pekon Gunung Doh Kecamatan Bandar Negeri Semuong saat di confirmasi melalui telepon selulernya mengatakan bahwa, intensitas hujan yang tinggi mengakibatkan air sungai Way Semuong kembali meluap dan menjebol tanggul sementara yang telah dibuat oleh pemkab beberapa waktu yang lalu karena banjir, akibatnya air sungai meluap ke pemukiman penduduk bukan hanya dipekon Gunung Doh, namun dipekon Banding, pekon Rajabasa, juga pekon sanggi serta pekon lainnya, yang terparah ada dipekon Banding dan rajabasa yang mencapai hampir 2 meteran.

" Air mulai masuk kepemukiman penduduk pada pukuran 19.30 wib malam, akibatnya masyarakat banyak yang mengungsi ketempat yang lebih aman seperti ke pekon tengos yang notabenenya tidak terkena dampak banjir, banyak ibu-ibu yang pada mengungsi ke tempat yang lebih aman seperti rumah sanak saudaranya, sedangkan bapak-bapak berjaga-jaga dirumah masing - masing untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan," jelasnya.

Foto: situasi kini banjir yang meluap setinggi lutut kaki. 

Dirinya menambahkan, belum diketahui dan dihitung berapa rumah yang terkena dampak banjir ini, karena kondisi situasi yang masih belum cukup aman untuk melihat, karena fokus menyelamatkan anggota keluarga dan barang-barang berharga lainnya, untuk itu dirinya berharap bahwa harus ada upaya penanganan baik dalam mengatasi tanggul yang jebol, jangan hanya tanggul sementara karena akibatnya akan seperti ini juga, dan masyarakat selalu dihantui rasa kekhawatiran serta was-was apa bila hujan telah tiba.

" Kepada pemerintah daerah agar secepatnya melakukan penanganan dampak banjir yang menerjang kecamatan bandar negeri semuong ini, karena peristiwa ini bukan yang pertama kalinya yang terjadi namun sudah berkali-kali banjir menerjang, dan pada pemkab tanggamus melalui instansi terkait agar secepatnya mencarikan solusi terbaiknya," pungkasnya. (Rudi)

SHARE THIS

Author:

Etiam at libero iaculis, mollis justo non, blandit augue. Vestibulum sit amet sodales est, a lacinia ex. Suspendisse vel enim sagittis, volutpat sem eget, condimentum sem.

0 Comments: