Selasa, April 10

FB Karjiyono : Dana Desa (DD) Menjadi Salah Satu Instrumen Dalam Pengentasan Kemiskinan


TANGGAMUS, WWW.LAMPUNGHEADLINES.COM - Pemerintah Kabupaten Tanggamus
gelar rapat kerja teknis (Rakernis) penanggulangan kemiskinan KabupatenTanggamus 2018 di Aula Hotel 21 Gisting, Selasa (10/04/2018).

Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setkab Tanggamus, FB Karjiyono saat membuka acara tersebut mengatakan, masalah kemiskinan merupakan masalah yang krusial dan membutuhkan respon dari berbagai pihak untuk bersinergi mengentaskan kemiskinan.

“Dalam penanggulangan kemiskinan di Tanggamus, saya mengharapkan, seluruh OPD, kecamatan sampai dengan tingkat pemerintahan pekon bersinergi dan menyamakan pemahaman guna mengentaskan kemiskinan,” kata Karjiyono.

Dikatakan Karjiyono, Dana Desa (DD) menjadi salah satu instrumen dalam pengentasan kemiskinan di Kabupaten Tanggamus. Karena dengan anggaran tersebut, pemerintahan desa dapat memberdayakan program-program dalam mengurangi angka kemiskinan di wilayahnya. “Manfaatkan sebaik-baiknya dana desa untuk kesejahteraan masyarakat,” ujarnya.

Selain itu, kata Karjiyono, agar setiap program kegiatan yang dibuat oleh organisasi perangkat daerah (OPD) bersentuhan langsung dengan masyarakat. “Demikian pula OPD agar memprogramkan kegiatan yang bersentuhan langsung dengan masyarakat,” katanya.

Sementara Kabid P3M Bappeda Provinsi Lampung, Fitri Anita Damhuri selaku narasumber pada acara ini memaparkan profil kemiskinan provinsi dan pemanfaatan basis data terpadi (BDT) agar penerima manfaat dapat tepat sasaran.

Menurut Fitri, salah satu tantangan utama dalam program-program penanggulangan kemiskinan adalah mengidentifikasi secara tepat kelompok sasaran yang akan menerima manfaat program berdasarkan kriteria keikut sertaan dan tujuan program.

“Pada dasarnya ini berarti ketepatan memilah kelompok masyarakat yang berhak atau yang tidak berhak menjadi peserta program,” kata dia. Dikatakannya, efektivitas penetapan sasaran diyakini berdampak langsung terhadap keberhasilan pencapaian tujuan program perlindungan sosial dalam
menanggulangi kemiskinan.

Kegiatan Rakornis ini dihadir ratusan undangan yang terdiri dari seluruh OPD Tanggamus, Instansi Vertikal, Dunia Usaha, BUMD, seluruh camat dan kasi kesmas se-Kabupaten Tanggamus. Dengan Tema “Meningkatkan Kualitas Penerima Manfaat yang Tepat Sasaran”. (Rudi)

SHARE THIS

Author:

Etiam at libero iaculis, mollis justo non, blandit augue. Vestibulum sit amet sodales est, a lacinia ex. Suspendisse vel enim sagittis, volutpat sem eget, condimentum sem.

0 Comments: