Kamis, Maret 5

33 ANGGOTA KPM PKH DI KELURAHAN PASAR MADANG GRADUASI SECARA BERSAMAAN

Keterangan: Sebanyak 33 KPM PKH yang ikuti Graduasi di Kelurahan pasar Madang, Kotaagung. (foto: Rudi) 

Tanggamus, www.lampungheadlines.com - Sebanyak 33 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) program keluarga harapan (PKH) di Kelurahan pasar Madang Kecamatan Kotaagung, melakukan graduasi secara bersamaan dari KPM PKH. Kamis, (05/03/2020).

Menurut Kepala Dinas Sosial Tanggamus Zulpadli mengatakan bahwa, sangat mengapresiasi langkah dari keberhasilan baik dari Dinsos Tanggamus, Kementerian Sosial RI, maupun pendamping PKH dan KPM, karena tidak akan mungkin keberhasilan ini dapat terwujud tanpa adanya kerjasama saling bersinergi antar semua pihak dalam memberikan pemahaman kepada masyarakat penrima KPM PKH.

" Program ini memang harus dua arah dan tidak hanya sekedar seremonial belaka, ini suatu kebahagiaan karena keberhasilan kita menggradusi para peserta KPM PKH. Secara otomatis bantuan PKH mereka berhenti, namun mereka akan mendapatkan bantuan lainnya dan masih Dalam pertimbangan, Apakah dari mereka ini betul-betul telah mampu,"jelasnya.

Lanjut Kadis Sosial ini, Bantuan sosial sendiri seperti bantuan sembako, BPJS Kesehatan, KIP dan lain sebagainya yang mereka masih dapatkan. Dan Untuk pendataan setiap hari dilakukan oleh dinsos maupun pendamping PKH. " Karena dinsos mempunyai program sistem rujukan terpadu (SRT), yang berada di setiap Kelurahan, Pekon, Fasilitator, kantor kecamatan maupun kabupaten untuk pendataannya,"ungkap Zulpadli.

Sementara itu Lurah Pasar Madang Dede Chandra pun turut menyampaikan, graduasi masyarakat di Kelurahan Pasar Madang ini mundur karena telah merasa kesejahteraannya sudah meningkat, serta mengundurkan diri secara sukarela dan tidak ada paksaan dari pihak manapun.

" Jadi di Kelurahan Pasar Madang ini, ada pendamping PKH yang pada setiap saat selalu turun ke lapangan untuk mengedukasi, mengecek serta mensosialisasikan ke masyarakat langsung, bagaimana kehidupan mereka secara berkelanjutan sudah mampu atau belumnya, dan Ini hasilnya di pasar Madang ada 30 KK dari 33 KPM PKH yang yang sudah tidak layak lagi untuk menerima PKH, lalu kemudian diberikan pemahaman oleh para pendamping,"ujar Dede.

Untuk Kelurahan Pasar Madang membawahi setidaknya 17 RT yang ada, dan yang ikut menggraduasi hari ini tersebar di beberapa rukun tetangga, seperti di RT 10, rt 9, rt 13, rt 14 dan rt 15, yang kuat di serta bisa dibilang kehidupannya sudah Sejahtera.
" Harapannya untuk masyarakat yang penerima PKH yang belum graduasi, Nanti bisa tim PKH untuk koordinasi yang terus memberikan edukasi kepada masyarakat, supaya dapat memberikan kepada warga yang memang layak untuk menerimanya,"tandasnya.

Sebagai Pendamping PKH Kecamatan Kotaagung Miftahul Fauzan mengatakan, pendamping PKH di kelurahan pasar madang ini, setidaknya ada 33 anggota KPM PKH untuk tahap pertama yang di graduasi, dan lulus dari program KPM PKH dan kemungkinan nanti tidak akan berhenti hanya sampai di sini saja, dan akan terus bertambah seiring edukasi yang pendamping selalu sampaikan setiap waktu kepada masyarakat penerima KPM PKH.

" Tidak ada target dalam hal ini, dan memang sudah tugas kami untuk graduasi KPM PKH, karena salah satunya untuk mendukung program aksi 55 Bupati Tanggamus, yaitu tentang pengentasan kemiskinan kami di Dinas Sosial maupun Pendamping PKH untuk graduasi peserta KPM PKH dalam mewujudkannya,"ucapnya.

Untuk selanjutnya, yang sudah di graduasi nanti mereka ini akan tetap menerima bantuan sosial, seperti sembako, BPJS kesehatan, kip dan lainnya dan pihaknya akan tetap mendampingi guna untuk meningkatkan lagi ekonomi dalam usahanya seperti modal-modal dari pihak Pemkab atau pun dari Bank Mandiri. Karena setelah graduasi ini otomatis program untuk mereka akan berhenti, karena telah dinonaktifkan.

" Kemudian itu tidak akan mungkin bisa dipindahkan atau alihkan ke peserta yang belum pernah mendapatkan KPM PKH, dan untuk penambahan itu ada di kewenangan pemerintah pusat, serta untuk penambahan kuota, pihak pendamping tidak mengetahui siapa-siapa yang akan mendapatkan, untuk saat ini kita hanya menunggu berapa kuota yang akan diberikan pemerintah pusat ke pada kita,"tutupnya.

Salah satu peserta yang ikut Graduasi ini Warga Way Taman Munziah (35), dirinya ikut graduasi karena merasa sudah mampu, dan ingin memberikan kepada peserta yang belum pernah menikmati sebagai KPM PKH. "Saya merasa sudah mampu, dan merasa sudah tidak layak lagi untuk menerima bantuan ini, karena masih banyak lagi yang sangat membutuhkan untuk menerimanya, saya bersyukur atas hal ini, dan terima kasih kepada pemerintah sebab, saya sudah 5 tahun menerima bantuan PKH ini dari tahun 2015 lalu,"imbuhnya.

Hadir dalam kegiatan Graduasi peserta KPM PKH di Kelurahan Pasar Madang ini, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Tanggamus Zulpadli, Lurah Pasar Madang Dede Chandra dan jajaran, Pendamping PKH Miftahul Fauzan serta pendamping lainnya, dan masyarakat peserta Graduasi di kelurahan setempat. (Rudi)

SHARE THIS

Author:

Etiam at libero iaculis, mollis justo non, blandit augue. Vestibulum sit amet sodales est, a lacinia ex. Suspendisse vel enim sagittis, volutpat sem eget, condimentum sem.

0 Comments: