Jumat, Maret 13

MUSRENBANG RKPD 2021 TANGGAMUS RESMI DITUTUP, INI DAFTAR PEMENANGNYA


Tanggamus, www.lampungheadlines.comWakil Bupati Tanggamus secara resmi menutup rangkaian acara Musrenbang RKPD 2021, yang diadakan di Aula Islamic Centre Kotaagung.

Hadir dalam penutupan rangkaian Musrenbang RKPD 2021 Kabupaten Tanggamus ini, selain dihadiri langsung Wakil Bupati Hi. AM syafi’i, turut mendampingi Dandim 0424 Tanggamus Letkol. Inf Arman Aris Sallo, Kapolres Tanggamus AKBP Hesmu Baroto, Kejari Tanggamus David P. Duarsa, Kepala Bappelitbang Hendra Wijaya Mega, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Tanggamus Hj. Sri Nilawati Syafi'i, Ketua Dharmawanita Persatuan Kabupaten Tanggamus Nuraini Hamid Lubis.

Dalam rangkaian penutupan ini, beberapa agenda acara kegiatan telah dilaksanakan yaitu Grand Final pemilihan Putri Otonomi Daerah (POD) tahun 2020, dan pembagian Hadiah dari beberapa rangkaian lomba kegiatan di Musrenbang antara lain seperti, Lomba Kaligrafi tingkat pelajar dan tingkat umum.

Tujuan kegiatan ini dalam rangka untuk melestarikan seni budaya Lampung, dan itu telah dilaksanakan di hari kedua kegiatan Musrenbang kemarin, seperti festival seni budaya Lampung dengan dua perlombaan yaitu Tari Kreasi Lampung untuk tingkat pelajar SMA/sederajat dan Lomba Lagu Gambus Lampung untuk kategori umum, Lomba Musrenbang Film Festival, kemudian lomba stand Musrenbang expo terbaik dan terkakhir ini Pemilihan Puteri Otonomi Daerah sebagai Duta Pembangunan Kabupaten Tanggamus Tahun 2020. 

Dan di hari ketiga ini akan menentukan satu orang pemenang sebagai Wakil Duta Pembangunan ke ajang Nasional yang akan dilaksanakan di Jakarta Convention Center. Sedangkan pembagian trophy Tanggamus Award untuk kategori perusahaan dan OPD telah dilaksanakan pada acara pembukaan Musrenbang RKPD Kabupaten Tanggamus Tahun 2021 pada tanggal hari Selasa 10 Maret 2020 kemarin.

Wakil Bupati Tanggamus Hi. AM. Syafi'i mengungkapkan, ucapan terima kasih kepada seluruh elemen baik OPD, masyarakat, LSM, Pers dan Panitia atas suksesnya Penyelenggaraan Rangkaian Kegiatan Musrenbang RKPD 2021 Kabupaten Tanggamus yang dilaksanakan selama tiga hari dari Tanggal 10 - 12 Maret 2020.

" Dengan harapan semoga hasil Musrenbang Rencana Kerja Pemerintah Daerah dapat terimplementasikan dengan baik sesuai dengan 8 perisai pembangunan  dan sejalan dengan Visi Misi dan Program 55 Aksi De-Sa Asik,"Ujar Wabup.


Kepala Bappelitbang Tanggamus Hendra Wijaya Mega turut mengatakan bahwa, Pemerintah Daerah sedang memfokuskan Musrenbang RKPD Tahun 2021 ini, agar sesuai dengan Permendagri 90 Tahun 2019, sebagai langkah dalam mensinkronisasikan antara program dan kegiatan secara terpusat, lalu juga diperlukan konsistensi perencanaan dan penganggaran khusus untuk pembangunan daerah saat ini.

" Daerah sendiri yang membangun daerahnya, untuk membuat perencanaan keberlanjutan dan penganggaran, diperlukan aplikasi yang digunakan sebagai jembatan dalam proses pembuatan tersebut,"jelasnya.

Lanjut Hendra, Implementasi sesuai dengan Permendagri RI Nomor 90 Tahun 2019, Tentang Klasifikasi Kodefikasi Dan Nomenklatur Perencanaan Pembangunan Dan Keuangan Daerah, Kodefikasi dan nomenklatur pembangunan dan keuangan daerah diharapkan dapat menjadi instrumen yang disetujui.

Sementara itu, untuk mewujudkan perencanaan dan penganggaran, Kemendagri melalui Ditjen Bina Pembangunan Daerah telah membuat peta jalan yang terdiri dari, perencanaan pembangunan dan penganggaran, mengatur nomenklatur program dan kegiatan.
" Lalu, Pembaharuan program database dan kegiatan dalam aplikasi perencanaan dan penganggaran (e-planning dan e-budgeting), lalu e-perencanaan dan pembangunan daerah melalui aplikasi, e-budgeting,"tegas Hendra.

Tambahnya, Dalam rangka pencapaian rumusan tersebut diperlukannya sinergitas dengan OPD sekabupaten Tanggamus, untuk percepatan pencapaian sasaran kegiatan yang dikeluarkan oleh Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia, sebagai percepatan pencapaian pembangunan. " Sesuai dengan tema Pembangunan Nasional Pada Tahun ini yaitu, Peningkatan Daya Saing Sumber Daya Manusia, Pembangunan Infrastruktur Berkelanjutan  Dan Pelayanan Publik Untuk Pertumbuhan Yang Berkualitas,"tandas Hendra Wijaya.

Pada penutupan kegiatan musrenbang RKPD Kabupaten Tanggamus tahun 2021 telah diumumkan masing-masing para pemenang lomba antara lain.
1. Lomba Kaligrafi Tingkat Pelajar.
Juara I Teguh Yuhono (SMA 1 Sumberejo), Juara II Yuda Dwi Andesta (MAYPPTQMH Ambarawa), Juara III Via Arviana (MAYPPTQMH Ambarawa),Juara Harapan I Ana Asmarita (TPA MI), Juara Harapan II Cira Rasya K, Juara Harapan III Sigit Winanto (TPA MI).

2. Lomba Kaligrafi Tingkat Umum
- Juara I  Sodirin
- Juara II Asrul
- Juara III Muhammad Irham
- Juara Harapan I Ahmad Hijazi
- Juara Harapan II Hendriyadi
- Juara Harapan III Petriyana.

3. Juara Lomba Tari Kreasi Lampung Tingkat Pelajar SMA/Sederajat. Juara I SMA Muhammadiyah Kota Agung, juara II SMA Negeri 2 Kotaagung, juara III SMK Negeri 1 Talang Padang, juara Harapan I SMA Negeri 1 Kotaagung, juara Harapan II SMK Muhammadiyah Kotaagung, juara Harapan III SMA Negeri 2 Kotaagung.

4. Juara Lomba Lagu Gambus Lampung, juara I  Hafizonta dari Talang Padang, juara II Yonda Rizal dari Banjar Manis, juara III Iyan Friansyah dari Kagungan, juara Harapan I Dahrizal dari Kotaagung, juara Harapan II Anas dan Elsa dari Kotaagung, juara Harapan III Rani Arjulianti dari Talang Padang.

5. Juara Lomba Stand Terbaik
- Juara I Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Tanggamus 
- Juara II Dinas Perikanan Kabupaten Tanggamus 
- Juara III Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Tanggamus 
- Juara Harapan I Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Tanggamus 
- Juara Harapan II Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Tanggamus 
- Juara Harapan III Dinas Koperasi, Usaha Kecil, Menengah, Perindustrian dan Perdagabngan Kabupaten Tanggamus.

6. Lomba Musrenbang Film Festival
Juara I Kategori Life Time Chivement Kecamatan Cukuh Balak
Kategori OPD.
- Juara I Dinas Pendidikan Kabupaten Tanggamus
- Juara II Dinas Kesehatan Kabupaten Tanggamus 
- Juara III Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Tanggamus 
- Juara Harapan I Dinas Pariwisata Kabupaten Tanggamus 
- Juara Harapan II Dinas Pencatatan Sipil Kabupaten Tanggamus 
- Juara Favorit Dinas Pendidikan Kabupaten Tanggamus.

7. Kategori Kecamatan
- Juara I Kecamatan Gisting
- Juara II Kecamatan Limau
- Juara III Kecamatan Talang Padang
- Juara Harapan I Kecamatan Kotaagung Barat
- Juara Harapan II Kecamatan Ulu Belu
- Juara Harapan III Kecamatan Pugung.

8. Juara Pemilihan Puteri Otonomi Daerah Sebagai Duta Pembangunan Kabupaten Tanggamus di raih oleh.
- Juara I  Mega Diana Zam Zam Kecamatan Air Naningan
- Juara II Siti Rahman Diannisa Kecamatan Cukuh Balak
- Juara III Putri Rizqya Febrianthi Kecamatan Pematang Sawa
- Juara Harapan I Wiyola Agustin Kecamatan Limau
- Juara Harapan II Kecamatan Gisting
- Juara Harapan III Kecamatan Kotaagung Barat

9. Juara Atribut Puteri Otonomi Daerah Sebagai Duta Pembangunan Kabupaten Tanggamus 
- Rismala Safitri Juara Evening Gown (Pugung)
- Putri Rizqya Febrianthi Juara Tradisional Costume (Pematang Sawa)
- Fitri Melan Handayani Juara Favorit (Ulu Belu)
- Wulan Suci Tantiyani Juara Persahabatan (Kelumbayan)
- Nabila Razelia Juara Berbakat (Kotaagung Timur)
- Vloren Wida Ivana Juara Foto Genic (Gunung Alip)
- Aulia Meimani Putri Juara Intellegensia (Kelumbayan Barat). (Wijaya/Rudi)

SHARE THIS

Author:

Etiam at libero iaculis, mollis justo non, blandit augue. Vestibulum sit amet sodales est, a lacinia ex. Suspendisse vel enim sagittis, volutpat sem eget, condimentum sem.

0 Comments: