Kamis, April 23

MUSRENBANG LAMPUNG, BUPATI TANGGAMUS SAMPAIKAN USULAN, SAMPAI RAIH JUARA I PENGHARGAAN APE 2020


Tanggamus, www.lampungheadlines.com - Pemerintah Kabupaten Tanggamus hari ini mengikuti virtual meeting Musrenbang provinsi Lampung tahun 2020, dalam rangka penyusunan rencana kerja pemerintah daerah (RKPD) provinsi Lampung tahun 2021, ditengah pandemi virus Corona kegiatan ini dilaksanakan melalui Zoom Cloud Meeting yang di ikuti oleh 15 kabupaten/kota di Lampung. Kamis, 23/04/2020.

Dalam Musrenbang provinsi Lampung ini juga turut memyampaikan kabar baik dan menggembirakan di tengah masih merebaknya Corona virus desease (Covid 19), bahwa kabupaten yang berjuluk bumi Begawi jejama ini berhasil meraih juara I di Lampung yakni penghargaan anugerah Parahita Ekapraya (APE) tahun 2020 dan mengalahkan daerah Kabupaten/kota yang ada di Lampung ini.

Ada beberapa usulan yang disampaikan oleh pemerintah kabupaten Tanggamus, mulai dari infrastruktur, pertanian, pendidikan dan lain sebagainya, kegiatan ini di hadiri langsung oleh Bupati Tanggamus Hj. Dewi Handajani, SE.MM, Wakil Bupati Hi. AM. Syafi'i, kepala Bappelitbang Hendra Wijaya Mega, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Lingkungan Pemkab Tanggamus.

Bupati Kabupaten Tanggamus Hj. Dewi Handajani, SE.MM, menyampaikan bahwa, dalam kegiatan musrenbang Provinsi Lampung tahun 2020 ada beberapa usulan program pembangunan Kabupaten Tanggamus yang di sampaikan pada provinsi Lampung tahun 2021.
Terdiri dari pembangunan SMK Negeri pertanian terpadu Ulu belu, karena Kecamatan ulu belu memiliki potensi pertanian dan perkebunan yang sangat melimpah sehingga perlu di dirikan sekolah kejuruan di wilayah tersebut.

" Pembangunan dan penyediaan fasilitas gedung balai latihan kerja Kabupaten Tanggamus, hal tersebut diperlukan untuk meningkatkan daya saing dan kualitas SDM pada angkatan kerja di Kabupaten Tanggamus,''jelasnya.

Selanjutnya, dalam rangka pembangunan infrastruktur maka Kabupaten Tanggamus mengusulkan pembangunan dan pemeliharaan ruas jalan provinsi yang ada di Kabupaten Tanggamus antara lain. Pembangunan jalan ngarip-ulu semuong 3KM, Pembangunan jalan ulu semuong - Tri Mulyo 2 KM, Pemeliharaan jalan tekad - Batu Tegi 2KM, Pemeliharaan jalan Talang padang - Ngarip 3KM, Pembangunan jalan Sp Blok 9 - Sanggi 2KM.

" Pemeliharaan Jalan Sp Kuripan - Kotaagung 3 KM, Pembangunan jalan Putih Doh - Kuripan 3 KM, Pembangunan jalan SP Umbar - Putih Doh 2 Km, Pembangunan jalan Teluk Kiluan - Sp Umbar 2 Km, Pembangunan jalan Sukamara - Kuripan 3 Km,"jelas Bupati.

Kemudian, Pembangunan Ruang Terbuka Hijau (RTH) Batu Kramat, pembangunan terminal type B dengan konsep green terminal, lalu penanganan normalisasi sungai way semaka, pembangunan jalan lingkar luar gisting - kota agung sebagai antisipasi terhadap kondisi jalan nasional di kawasan batu keramat, yang rawan longsor dan apabila luas jalan tersebut putus maka jalan lintas Barat Sumatera akan terputus juga, total rencana panjang jalan lingkar tersebut adalah 14,4 Km dan saat ini baru di tangani kurang lebih 1Km.

Dalam rangka meningkatkankan investasi dan nilai tambah produk unggulan, kabupaten Tanggamus pun mengusulkan, seperti sinergitas percepatan pembangunan proyek startegis nasional, yaitu pembangunan kawasan industri Tanggamus yang menjadi salah satu kawasan industri yang akan di kembangkan dan telah masuk ke dalam RPJMN tahun 2020 - 2024 sesuai dengan peraturan presiden nomor 18 tahun 2020.

" Terakhir, Pengembangan kambing saburai menuju terwujudnya kabupaten Tanggamus sebagai " Bumi Saburai", kambing saburai merupakan kambing hasil persilangan antara induk betina PE (Peranakan Etawa) dan pejantan unggul boer dengan cara inseminasi buatan (IB), varietas kambing ini memiliki keunggulan dibanding dengan kambing PE, kambing kacang, maupun kambing lainnya,"tandasnya. (Rudi)

SHARE THIS

Author:

Etiam at libero iaculis, mollis justo non, blandit augue. Vestibulum sit amet sodales est, a lacinia ex. Suspendisse vel enim sagittis, volutpat sem eget, condimentum sem.

0 Comments: