Senin, Agustus 10

Disambut Antusias Warga, Program 'Pak Kamling' Pemkab Tanggamus Hadir Di Kelurahan Baros


Tanggamus, www.lampungheadlines.com - Antusias Masyarakat di halaman kantor kelurahan Baros Kecamatan Kotaagung hari ini terlihat cukup berbeda dibandingkan dengan hari-hari seperti biasanya, yang paling dominan tampak oleh mata awak jurnalis ini adalah ratusan orang terdiri dari anak-anak berusia masih cukup belia, yang sedang duduk mengantri di dalam tarub untuk melakukan perekaman untuk mendapatkan Kartu Tanda Penduduk elektronik (KTP-EL). Senin, 10/08/2020.

Kegiatan ini adalah salah satu program yang di canangkan oleh Bupati dan wakil bupati Kabupaten Tanggamus, melalui surat edaran (SE) Nomor 470/5533/26/2020, tentang pelayanan keliling administrasi kependudukan. Dalam rangka memenuhi kebutuhan masyarakat dalam bidang administrasi kependudukan khususnya KTP-el sebagai upaya peningkatan pelayanan maka dinas kependudukan dan pencatatan sipil (Disdukcapil) Tanggamus terus berupaya untuk meningkatkan hasil pelayanan Adminduk melalui berbagai jenis pelayanan sebagai berikut. Pertama adalah pelayanan bunda Dewi (Buat dokumen Adminduk dengan WA dan internet), pelayanan langsung, pelayanan kolektif, dan pelayanan keliling.

Sebagai Lurah di Kelurahan Baros Adi Putra menyampaikan bahwa, dalam surat edaran juga telah dijelaskan, khususnya untuk pelayanan perekaman KTP-el, Disdukcapil Tanggamus telah melaksanakan pelayanan administrasi kependudukan perekaman keliling yang disingkat (Pak Kamling) ke pekon-pekon maupun kelurahan.

Mengingat capaian hasil perekaman KTP-el masih sangat rendah, yaitu berada pada peringkat ketiga terendah se-provinsi Lampung, untuk itu wajib kepada para camat dan jajaran dibawahnya untuk mensosialisasikan dan menghadirkan masyarakat yang belum melakukan perekaman KTP-el.

" Kebetulan hari ini, jatah untuk kelurahan Baros, dan masyarakat sudah kita Sosialisasikan dan sampaikan sebelumnya, dan bisa kita lihat sendiri ini masih pagi dan masyarakat cukup ramai yang datang untuk melakukan perekaman KTP-el tersebut hari ini sebagai syarat administrasi kependudukan,"jelas Adi Putra.

Lanjutnya, dan yang paling dominan masyarakat di kelurahan Baros ini yang hadir, paling banyak anak-anak yang berusia muda atau para pemula yang baru lulus dari menempuh sekolah SMA/SMK, dan pastinya KTP-el ini sangat diperlukan oleh mereka ini, salah satunya sebagai syarat ketika akan memasuki dunia kerja maupun sebagai syarat pembuatan administrasi negara lainnya.

" Dari Disdukcapil Tanggamus mengirimkan dua orang petugas operator dalam kegiatan perekaman KTP-el hari ini, dan kuota jumlah warga yang ingin melakukan perekaman ini terbatas, untuk kelurahan Baros hanya di jatah untuk 350 orang, jika melihat jumlah masyarakat yang hadir dengan batas kuota yang telah di tentukan, untuk warga Baros sepertinya tercover semua, kegiatan perekaman KTP-el ini hanya untuk hari ini saja,"katanya.

Lanjutnya, ia pun turut mengucapkan terima kasihnya kepada pemkab Tanggamus atas program yang di gulirkan tersebut, sehingga masyarakat tak perlu harus jauh-jauh harus pergi ke Kantor Disdukcapil Tanggamus untuk melakukan perekaman, ditambah kondisi saat ini yang masih dilanda pandemi covid 19.

"Terimaksih kepada Pemkab Tanggamus atas program ini, semoga masyarakat di kelurahan Baros ini semua sudah mempunyai identitas diri yakni KTP-el, dan kegiata ini juga kami turut melibatkan peran dari Babinsa dan Babinkantibmas dalam upaya membackup keamanan dan kenyamanan serta menghimbau kepada warga yang datang di kegiatan ini agar dapat bersama-sama untuk mematuhi protokol kesehatan, salah satunya harus menggunakan masker wajah,"tandan Adi.

Sementara itu warga kelurahan Baros yang bernama Risna Maulida, gadis manis yang baru saja lulus menyelesaikan pendidikan terakhir di salah satu sekolah SMA yang cukup populer di Kotaagung ini ikut memberikan komentarnya, ia cukup mengapresiasi program-program pemkab tanggamus, salah satunya perekaman ini pasalnya ia tak harus pergi jauh untuk mengurus administrasi kependudukannya ke kantor Disdukcapil Tanggamus, belum lagi jika menemui suatu hal kendala dijalan raya, lalu antri dengan sesama warga lain yang sama-sama mengurus hal seperti dirinya, dan pastinya cukup sangat ramai, sebab yang datang kesana juga banyak dari mereka berasal dari beberapa kecamatan yang cukup jauh.

" Alhamdulilah, saya cukup senang dengan program jemput bola seperti ini, saya bersama dengan beberapa teman yang mau melakukan perekaman pembuatan KTP-el di kantor kelurahan ini, kami dengar informasi adanya kegiatan ini, setelah ada woro-woro dari pihak kelurahan. Jarak rumah cukup dekat, makanya kami hanya berjalan kaki kesini, ya kami mengucapkan terimakasih kepada pemkab Tanggamus atas program ini, cukup membantu ya bang, sebab kami gak perlu datang jauh-jauh ke kantor Disdukcapil, pastinya hemat waktu dan pengeluaran,"Kekeh nya. (Rudi)

SHARE THIS

Author:

Etiam at libero iaculis, mollis justo non, blandit augue. Vestibulum sit amet sodales est, a lacinia ex. Suspendisse vel enim sagittis, volutpat sem eget, condimentum sem.

0 Comments: