Kamis, Oktober 29

Beredar Video Diduga Oknum Kades di Lamtim Intimidasi Masyarakat Pilih Salah Satu Paslon

 

Foto: Istimewa. 

Lampung Timur, www.lampungheadlines.com - Beredar video bernarasi mengarahkan peserta agar memberikan suaranya kepada salah satu Pasangan Calon (Paslon) Kepala Daerah di Lampung Timur, diduga arahan tersebut dilakukan oleh oknum Kepala Desa (Kades) dalam sebuah acara Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (Musrenbangdes).

Video yang berdurasi 1 Menit 24 Detik yang terekam oleh salah satu peserta Musrenbangdes dengan kamera Handphonenya tampak oknum Kades diduga melakukan pengkondisian dan intimidasi terhadap peserta untuk memilih salah satu Paslon pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang akan dilaksanakan tanggal 9 Desember 2020 mendatang.

"Kalau PKH (Program Keluarga Harapan_red) ini kan' tiap bulan dapat, kalau ini hilang?, apa mau ibu-ibu hanya dapat kerudung?", ucap oknum Kades terkesan mengintimidasi.

Bahkan informasi yang disampaikan oleh oknum Kades yang menyebutkan PKH diberikan tiap bulan tersebut termasuk disinformasi, pasalnya Kementerian Sosial (Kemensos) Juliari P. Batubara dalam keterangan tertulisnya menegaskan Bansos PKH yang sebelumnya diberikan tiap tiga bulan sekali, yaitu Januari, April, Juli, dan Oktober bisa dicairkan tiap bulan mulai pertengahan April hingga sampai Desember 2020, Rabu (8/4/2020).

Terlebih lagi PKH merupakan program bantuan pemerintah bagi warga kurang mampu melalui Kemensos RI, maka bila dijadikan alat politik untuk keuntungan pihak tertentu merupakan pelanggaran yang nyata.

Menyikapi video yang beredar, tim pemenangan nomor urut Tiga meminta netralitas seluruh Kades di Kabupaten Lampung Timur, dan mengingatkan agar jangan ada yang mempengaruhi bahkan mengintimidasi masyarakatnya untuk menentukan hak pilihnya.

Tim pemenangan juga meminta Bawaslu dan pihak terkait untuk secepatnya memanggil oknum Kades yang coba melakukan politik praktis dan memberikan arahan kepada masyarakatnya. (Mr)


SHARE THIS

Author:

Etiam at libero iaculis, mollis justo non, blandit augue. Vestibulum sit amet sodales est, a lacinia ex. Suspendisse vel enim sagittis, volutpat sem eget, condimentum sem.

0 Comments: