Selasa, Juli 21

Tokoh Pemuda Gisting Dan Masyarakat Swadaya Bangun Rumah Mbah Sarmen


Tanggamus, www.lampungheadlines.com - Masyarakat Blok 26 Pekon Gisting Permai Kecamatan Gisting Kabupaten Tanggamus melakukan kegiatan gotong Royong secara swadaya pembangunan rumah Sarmen atau akrab di sapa Peyang warga setempat agar dapat di huni dengan layak. Selasa,21/07/2020.


Siapa yang tak tergerak hatinya, jika mata selalu di hadapkan setiap harinya, untuk melihat sesuatu hal dengan kondisi pemandangan yang bisa di bilang cukup memilukan, rasa kepedulian yang tinggi terhadap sesama ini yang membuat warga bahu-membahu berupaya memberikan sesuatu, mau itu materi maupun tenaga yang setidaknya dapat meringankan beban Mbah Sarmen.

Sebelumnya, rumah yang di tempati Mbah Sarmen atau Peyang ini sungguh tidak layak huni, ini dibuktikan dengan foto-foto yang diberikan kepada media online Lampungheadlines.com rumah tersebut sebelum dilakukan pembedahan oleh warga sekitar, seperti papan yang cukup lapuk, kemudian dinding terbuat dari anyaman bambu yang sudah usang, menandakan bahwa usia rumah ini memang  sudah cukup lama, bahkan sedikit agak miring seperti hendak roboh, jika melihatnya membuat jiwa kita meronta-ronta.

Namun, hal ini tak akan lagi dirasakan oleh Mbah Sarmen, sebab puluhan masyarakat berkumpul menjadi satu untuk membongkar rumah tersebut, karena rencananya warga melakukan pembangunan ini secara swadaya, dari mulai material bangunan dan biaya pembuatan rumah ini sampai dengan selesai, setidaknya Mbah Sarmen dapat merasakan ketika menempati rumahnya menjadi lebih nyaman, aman dan layak untuk di huni.

" Saya disini turut serta membantu dalam bentuk bahan material bangunan juga tenaga semampunya, sebab ini bukan program pemerintah, dahulu rumah ini sangat tak layak, dan bersama masyarakat kami melakukan swadaya untuk membangun rumah Mbah Sarmen agar layak  di tinggali olehnya,'' ungkap Tokoh Pemuda Gisting Agung Setyo Utomo,ST.,MM.

Lanjut yang juga wakil ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Tanggamus ini, tidak ada barang berharga di dalam rumah ini, apa lagi di katakan mewah, ruang tidur serta pakaian berkumpul jadi satu, serta kondisi rumah yang bisa dibilang reyot serta lantai beralaskan tanah, ini di khawatirkan dapat mempengaruhi kondisi kesehatan yang bersangkutan, melihat itu semua, maka masyarakat berinisiatif melakukan swadaya mau itu membantu material maupun tenaga.

" Dan hari saya bersama masyarakat sedang memasang batu sebagai pondasi rumah agar kuat, semoga Mbah Sarmen atau Peyang ini selalu diberikan kesehatan, Kita ini sama-sama manusia, sudah sepatutnya berbuat baik dan saling tolong-menolong. Kita saling bersinergi, membantu orang-orang disekitar kita yang membutuhkan bantuan," tandas Pengusaha Muda ini. (Rudi)

SHARE THIS

Author:

Etiam at libero iaculis, mollis justo non, blandit augue. Vestibulum sit amet sodales est, a lacinia ex. Suspendisse vel enim sagittis, volutpat sem eget, condimentum sem.

0 Comments: