Jumat, September 11

Longsor Jalinbar Batu Keramat Berhasil DiBersihkan Tim Gabungan, Kendaraan Sudah Bisa Melintas


Tanggamus, www.lampungheadlines.com - Jalan lintas Barat (Jalinbar) Batu Keramat lumpuh total akibat tertutup material longsor yang terjadi pada pukul 10:30 tadi, yang mengakibatkan jalur kendaraan dari arah Kotaagung-Gisting dan sebaliknya tak bisa untuk dilalui oleh kendaraan roda dua maupun roda empat. Jumat,11/09/2020.

Tim Gabungan terlihat berjibaku untuk membersihkan longsor tersebut, seperti anggota BPBD Tanggamus, pihak kepolisian, TNI, Dishub. Lalu ada satu unit excavator yang bekerja membersihkan material longsoran dari jalan dan dibantu dengan 1 unit mobil pemadam kebakaran (Damkar) untuk membersihkan bahu jalan dari sisa-sisa material tanah yang bercampur dengan lumpur.


Kemudian tepat pada pukul 12:05 wib, material tanah longsor yang menutupi bahu jalan di jalinbar batu keramat tersebut, telah berhasil di singkirkan  dari bahu jalan oleh tim gabungan, dan kendaraan roda dua dan roda empat, serta truk - truk besar yang sempat terjebak oleh kemacetan ini, sudah diperbolehkan melintas dan dilalui oleh semua jenis macam kendaraan dari kedua arah secara bergantian oleh petugas keamanan yang berjaga dan mengatur arus lalulintas serta menghimbau masyarakat agar tetap berhati-hati membawa kendaraannya.

Kepala Pelaksana BPBD Ediyan M. Thoha melalui Kasi Kedaruratan Budi mengatakan longsor terjadi sekitar pukul 10.30. wib, berdasarkan laporan dari Pj. Kepala Pekon Batukeramat, menanggapi laporan tersebut pihaknya langsung menuju ke lapangan serta mengerahkan satu unit kendaraan alat berat excavator, untuk mengurai material longsor.

"Tidak membutuhkan waktu lama untuk mengurai material longsor berupa tanah dan Alhamdulillah sekira 30 menit badan jalan sudah mulai bisa dilintasi kembali, nantinya median jalan ini tetap kita bersihkan dari sisa longsor menggunakan damkar,"kata Budi.

Sementara itu, Kapolsek Kotaagung AKP Muji Harjono menyampaikan personil gabungan dikerahkan untuk mengurai kemacetan maupun membantu membuka median jalan yang tertutup material longsor, ia menjelaskan median jalan yang tertutup longsor sepanjang kurang lebih 15 meter.

"Alat berat sudah dikerahkan, dan sekitar pukul 12.00 tadi kendaraan sudah bisa terurai, untuk mengantisipasi kemacetan pasca longsor terjadi, kendaraan mobil kita arahakan sementara waktu ke kantong kantong parkir, salah satunya di jalan perkantoran Pemkab Tanggamus, dan parkiran wisata terjun Way Lalaan,"ujarnya didampingi Danramil Kotaagung Kapten Inf Redi Kurniawan. (Rudi)

SHARE THIS

Author:

Etiam at libero iaculis, mollis justo non, blandit augue. Vestibulum sit amet sodales est, a lacinia ex. Suspendisse vel enim sagittis, volutpat sem eget, condimentum sem.

0 Comments: