Kamis, Januari 24

Pelatihan Aplikasi Laporan Perkem­bangan Anak Paud Kecamatan Adiluwih

Foto: Antusiasme para peserta dari Himpaudi Kecamatan Adiluwih Kabupate Pringsewu dalam Workshop Pelatihan Alcapap. 

Pringsewu, www.lampungheadlines.com - Workshop Pelatihan Alcapap (Aplikasi Laporan Capaian Perkembangan Anak Paud), peserta dari Himpaudi Kecamatan Adiluwih Kabupaten Pringsewu bekerjasama dengan Penerbit Erlangga, di Paud Nurul Huda Kutawaringin, Kamis (24/01).

Acara yang di hadiri Oleh Ketua Himpaudi Kecamatan Adiluwih Nani Hartati, S. Pd,  yang sekaligus sebagai Pemateri, Kabid Paud dan Dikmas Hj. Peni Widiyanti, Fitriyani, S. Kom, Lisa Rahmawati, S.Pd Operator Paud yang sekaligus sebagai Pemateri, serta  dari  operator Himpaudi Kecamatan Adiluwih.

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pringsewu, yang di wakili oleh Kabid Paud dan Dikmas Peni Widayati dalam sambutannya yang sekaligus membuka acara mengatakan berkembangnya tekno­logi menjadi batu loncatan yang baik bagi perkembangan pendidikan anak usia dini. Seperti yang digagas PT Penerbit Erlangga, melalui Aplikasi Laporan Perkem­bangan Anak Paud (ALCAPAP).

Aplikasi teranyar ini akan mem­permudah penilaian guru kepada para siswa-siswinya yang berada di pen­didikan anak usia dini (PAUD) maupun taman kanak-kanak (TK).

”Ada enam aspek penilaian yang biasanya dinilai guru, yaitu perkem­bangan seni, moral agama, fisik motorik, kognitif, bahasa serta sosial emosional. Nah, aplikasi ini dapat mempermudah penilaian semua aspek tersebut,” ujar Peni.

Ketua Himpaudi Kecamatan Adiluwih Nani Hartati, S. Pd menjelaskan, nantinya guru yang selama ini mendeskripsikan bentuk perkembangan anak melalui rapor, bisa langsung memasukkannya ke aplikasi khusus tersebut. Secara otomatis, hasil kegiatan belajar mengajar pun akan tersusun rapi.

”Perkembangan anak juga diten­tukan dengan empat nilai, yakni: 1) Belum berkembang (BB); 2) Mulai berkem­bang (MB); 3) Berkembang sesuai harapan (BSH); dan 4) Berkembang sangat baik (BSB). Keempat nilai inilah yang melihat siklus perkem­bangan anak Paud,” urainya.

Lain halnya dengan Fitriyani, S. Kom yang sudah mengikuti pelatihan sehingga mengajarkan pelatihan kepada para operator Himpaudi Kecamatan Adiluwih, menerangkan bahwa aplikasi yang didesain khusus tersebut sengaja dibuat bagi lembaga-lembaga Paud maupun TK yang sudah bekerja sama dengan PT Penerbit Erlangga. Dirinya mengaku bahwa aplikasi ini tidak diperjualbelikan, namun diberikan secara gratis, katanya.

Seperti halnya dengan Lisa Rahmawati, S.Pd, Jadi ini merupakan bonus bagi sekolah-sekolah yang bekerja sama dan menggu­nakan buku terbitan Erlangga. Kami berikan aplikasi beserta password-nya untuk mengakses penilaian,” tutupnya. (mr)

SHARE THIS

Author:

Etiam at libero iaculis, mollis justo non, blandit augue. Vestibulum sit amet sodales est, a lacinia ex. Suspendisse vel enim sagittis, volutpat sem eget, condimentum sem.

0 Comments: