Kamis, Februari 13

2.335 ORANG TENAGA KONTRAK NON-PNSD DINAS PENDIDIKAN TERIMA SK BUPATI


Tanggamus, www.lampungheadlines.comSebanyak 2.335 orang guru menerima petikan SK bupati tentang perpanjangan tenaga kontrak Non-PNSD dilingkungan dinas pendidikan kabupaten Tanggamus tahun 2020. Sekaligus penyerahan SK/KTA relawan destana (Desa tangguh bencana).

Penyerahan perpanjangan SK tenaga kontrak Non-PNSD ini diserahkan langsung oleh Bupati Tanggamus Hj. Dewi Handajani SE.MM, yang dilaksanakan di lapangan Pemkab setempat. Hadir dalam kesempatan ini, Wakil Bupati Tanggamus Hi. AM Syafii S.Ag, Kepala dinas pendidikan Aswien Dasmi serta jajarannya, Kepala Badan kepegawaian dan pengembangan SDM Aan Derajat, Kalak BPBD Ediyan M. Thoha, Sekretaris Kominfo Derius Putrawan, KSPLP, K3S  Se-Kabupaten Tanggamus.

Dalam laporannya Kadis pendidikan Aswien Dasmi menyampaikan, dasar SK berdasarkan surat bupati Tanggamus nomor :814/02/37/2020 perihal perpanjangan SK tenaga kontrak Non-PNSD tanggal 02 januari 2020, dan peraturan bupati Tanggamus nomor 3 tahun 2019, tentang pendelegasian sebagian wewenang bupati kepada pejabat pemerintah Tanggamus untuk menerbitkan dan menandatangani naskah dinas di bidang kepegawaian. Tujuannya penyerahan SK Ini adalah untuk melengkapi kekurangan tengah pendidik dan tenaga kependidikan di dinas pendidikan Tanggamus tahun 2020. Guna menumbuhkan motivasi tenaga kontrak Non-PNSD dalam melaksanakan tugas serta mendapatkan arahan bupati Tanggamus dalam rangka peningkatan kinerja selaku pegawai dalam melaksanakan tugas.

" SK tenaga kontrak Non-PNSD yang akan diserahkan terdiri dari, guru TK 8 orang, Guru SD 1.128 Orang, Guru SMP 337 orang, tenaga teknis TK 4 orang, tenaga teknis satuan pendidikan SD 608 orang, tenaga teknis satuan pendidikan SMP 134 orang, tenaga teknis kantor disdik 116 orang serta keseluruhan berjumlah 2.335 orang,"kata Dasmi. 

Sementara itu Bupati Tanggamus Hj. Dewi Handajani SE.MM mengatakan, ini merupakan salah satu upaya pemerintah daerah untuk mengatasi kebutuhan SDM yang jumlahnya belum memadai, pemerintah pusat saat ini masih terus berupaya melakukan penambahan SDM baik tenaga guru, bidan, perawat, dan tenaga fungsional, lainnya, melalui penerimaan CPNS dan dilakukan test dimana Tanggamus akan dimulai tanggal 16-23 Februari 2020 mendatang. Namun tentunya itu saya juga masih belum dapat mencukupi kebutuhan yang ada khususnya di kabupaten Tanggamus demikian juga dengan skala tingkat nasional langkah yang diambil oleh pemerintah Kabupaten Tanggamus salah satunya untuk menjamin ketersediaan dari pada tenaga pendidik dan kependidikan khususnya di lingkungan dinas pendidikan untuk Bagaimana kita dapat memajukan sektor pendidikan Salah satunya dari tenaga kontrak tenaga honorer non CPNS di Kabupaten Tanggamus.

" Untuk dana BOS Permendikbudnya sudah keluar, serta mengeluarkan kebijakan-kebijakan yang lebih baik di antaranya, pemerintah pusat lebih memperhatikan lagi kesejahteraan para tenaga pendidik dan kependidikan, untuk penggunaan dana BOS ini maksimal 50% untuk insentif bagi tenaga kesehatan dan tenaga kependidikan yang sudah masuk di dalam data Dapodik 31 Desember tahun 2019 akan diberikan namun bukan untuk tenaga baru. Tapi tentunya kita dituntut juga nantinya mengevaluasi kesejahteraan dan mutu pendidikan dari pada anak-anak, adanya sinergitas program kemudian juga koordinasi yang baik komunikasi sehingga kebijakan ini juga akan berdampak secara signifikan terhadap peningkatan mutu pendidikan yang ada di Kabupaten Tanggamus,"jelas Dewi.

Kemudian lanjut bupati, Pemkab Tanggamus juga turut memberikan kartu tanda anggota bagi relawan destana sesuai undang-undang nomor 24 tahun 2007 tentang penanggulangan bencana mengamanatkan untuk melindungi masyarakat dari ancaman bencana. Salah satu strategi untuk mewujudkan hal ini adalah melalui pengembangan desa/kelurahan tangguh terhadap bencana dengan upaya pengurangan resiko bencana berbasis komunitas (PRBBK), hal Ini melibatkan secara aktif masyarakat dalam mengkaji, menganalisis, menangani, memantau, dan mengevaluasi resiko bencana untuk mengurangi kerentanan dan meningkatkan kemampuan. 

" Kabupaten Tanggamus telah terbentuk di empat pekon/kelurahan, yakni kelurahan baros, Kelurahan Pasar Madang Kecamatan Kotaagung, Pekon Tugu Papak kecamatan Semaka, dan Pekon datarajan kecamatan Ulu Belu, diberikan KTA diharapkan relawan siap untuk melaksanakan tugas, dengan adanya 10 poin dalam penjabarannya, salah satunya adalah dengan menyebarkan secara luas informasi kepada masyarakat tentang upaya-upaya pengurangan resiko bencana,"tandas Bupati. (Rudi)

SHARE THIS

Author:

Etiam at libero iaculis, mollis justo non, blandit augue. Vestibulum sit amet sodales est, a lacinia ex. Suspendisse vel enim sagittis, volutpat sem eget, condimentum sem.

0 Comments: