Jumat, Juni 26

114 KK Pekon Gisting Atas Terima Buku Rekening BLT-Dana Desa, Eko : Gunakan Dengan Bijak!

Ket. foto (Pj. Kakon Gisting Atas Saat Menyerahkan BLT-DD kepada masyarakat) 

Tanggamus, www.lampungheadlines.com - Akhirnya, bantuan yang ditunggu-tunggu khalayak ramai yakni bantuan langsung tunai dari dana desa (BLT-DD) mulai di berikan kepada masyarakat yang terdampak Covid 19 di kabupaten Tanggamus tahun 2020. Kali ini giliran Pekon Gisting Atas kecamatan gisting yang membagikan buku rekening sekaligus ATM untuk warganya. Jum'at, 26/06/2020.

Hadir dalam penyaluran bantuan langsung tunai (BLT-DD) ini, Pj Pekon Gisting Atas Eko Didi Armadi, Camat Gisting Purwanti, anggota Koramil Talang Padang, pihak Bank BRI, Pendamping Desa, serta 144 warga penerima Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) ini. Dalam penyaluran bantuan tersebut pihak pekon tetap mengedepankan protokol kesehatan, seperti jarak kursi, warga yang datang menggunakan masker serta mencuci tangannya yang telah di sediakan.


Eko Didi Armadi selaku PJ kepala Pekon Gisting Atas mengatakan bahwa, sebagai ketua gugus tugas covid 19 di Pekon, melalui kepala dusun (Kadus) setempat untuk mendata masyarakat yang berhak menerima bantuan tersebut, karena jika warga ada yang telah menerima bantuan sosial (Bansos) pusat maka ia tak bisa lagi menerima bantuan yang bersumber dari dana desa ini. Lalu data warga penerima bantuan BLT DD yang telah dikumpulkan ini kemudian di krucutkan kembali dan terakhir pekon Gisting atas menggelar musyawarah khusus (Muskhus) agar data tersebut menjadi baku serta tepat sasaran.

" Alhamdulillah hari ini Pekon Gisting Atas menggelar kegiatan penyaluran bantuan langsung tunai (BLT-Dana Desa) bagi warga, ada 144 kepala keluarga (KK) yang memang layak menerimanya, ini adalah tahap pertama bantuan sebesar Rp.600 ribu rupiah yang diterima warga Gisting atas sampai tahapan selanjutnya,"Ucap Eko.

Kemudian, anggaran yang dikucurkan dalam penanggulangan dampak covid 19 bagi masyarakat dari dana desa tersebut sebesar Rp.600 ribu untuk 144 warga dan dikalikan selama 3 bulan ini berjumlah Rp. 259.200.000, kemudian beberapa waktu yang lalu pihak Pekon menerima surat edaran dari kementerian agar menambah jumlah bantuan tersebut selama tiga bulan lagi namun dengan jumlah bantuannya yang akan diterima berbeda yakni sebesar Rp.300 ribu di kali 144 KK berjumlah Rp. 129.600.000, jadi total anggaran yang di alokasi untuk bantuan BLT-DD ini berjumlah RP. 388.800.000.

Dan sempat terhambatnya bantuan BLT DD ini dimana seharusnya diterima masyarakat di bulan April lalu, di sebabkan oleh dalam proses buku rekening di Bank BRI, karena bukan hanya Pekon Gisting atas yang dibuatkan, untuk kabupaten Tanggamus saja ada 299 Pekon yang melakukan pembuatan buku rekening dan ini yang menyebabkan penyaluran BLT-DD untuk masyarakat penerima manfaat tersebut sedikit terhambat.

" Saya berharap kepada masyarakat Pekon Gisting atas yang telah menerima BLT-Dana Desa ini, agar benar-benar di manfaatkan dengan baik dan bijak, belilah kebutuhan pokok atau sembako untuk memenuhi kebutuhan sandang-pangan, sebab itu lebih dapat bermanfaat bagi keluarganya,"ungkapnya.

Lalu lanjut Eko, dari 114 warga yang menerima bantuan hari ini, ada sebanyak 23 KK yang belum menerima bantuan BLT-DD untuk Pekon Gisting atas, oleh pihak Bank BRI disebabkan NIK yang bersangkutan belum terintegrasi atau tak sama di dalam sistem Disdukcapil maupun di Sistem Bank, untuk itu Eko sendiri akan segera langsung melakukan kordinasi dengan pihak Disdukcapil dengan terkait permasalahan ini untuk di atasi, agar warga yang belum menerima hari ini dapat segera bisa menikmatinya.

" Kita akan segera berkoordinasi dengan pihak Disdukcapil secepatnya dengan hal ini. Saya juga menghimbau kepada masyarakat Pekon Gisting Atas, di era penerapan new normal tetap menggunakan protokol kesehatan, dan ketika keluar rumah tetap gunakan masker mohon juga diberitahukan dengan keluarganya masing-masing, ini dilakukan agar dapat mencegah dan memutus mata rantai penyebaran wabah covid yang telah menjadi pandemi di Indonesia ini,"tandasnya.

Sementara itu Camat Gisting Purwanti juga menyampaikan kepada masyarakat pekon Gisting atas semoga bantuan tersebut dapat bermanfaat, dan berpesan untuk jangan menggunakan bantuan ini membeli barang yang tak penting, sebab bantuan ini diberikan agar bisa memenuhi kebutuhan keluarganya seperti bahan sembako.

" Terimakasih kepada masyarakat yang telah sabar menunggu dana ini sampai cair karena suatu kendala, dan hari ini sudah bisa diterima agar segera dapat di gunakan, kemudian dalam menghadapi wabah covid 19 ini, warga di harapkan selalu mematuhi protokol kesehatan, seperti pakai masker, cuci tangan pakai sabun di air mengalir, hindari dahulu kerumunan, dan pakai masker jika keluar rumah,''Tandasnya.(Rudi)

SHARE THIS

Author:

Etiam at libero iaculis, mollis justo non, blandit augue. Vestibulum sit amet sodales est, a lacinia ex. Suspendisse vel enim sagittis, volutpat sem eget, condimentum sem.

0 Comments: