Senin, Februari 15

Karya Ilmiah Mutiara, S.Pd., Tunjang Mobilitas Penggunaan Gadget pada Anak Didik

Keterangan foto: Ibu Mutiara, S.Pd., seorang tenaga pendidik di SD Negeri Gunung Madu, Kecamatan Nunyai, Kabupaten Lampung Tengah, Provinsi Lampung. (sumber: Rofai)

Lampung Tengah, www.lampungheadlines.com - Mobilitas dalam penggunaan Gawai atau Gadget pada tingkat anak-anak didik yang aktifitasnya diluar pembelajaran cenderung berdampak buruk dan cukup mengkhawatirkan terlebih bila tanpa adanya pengawasan dari orang tua.

Ditengah-tengah Pandemi yang masih terjadi di Indonesia, dibutuhkan upaya yang signifikan guna menunjang pembelajaran berbasis android, hal tersebut disadari oleh seorang guru dari SD Negeri 1 Gunung Madu, Kecamatan Nunyai, Kabupaten Lampung Tengah Provinsi Lampung yakni Ibu Mutiara, S.Pd., dan mendasari beliau menemukan metode pembelajaran kekinian hingga tersusun sebuah karya ilmiah hasil pengalamannya selama menjadi tenaga pendidik.
Berikut karya ilmiahnya:

PENGGUNAAN MEDIA SLIDE POWER POINT INTERAKTIF BERBASIS ANDROID UNTUK MENINGKATKAN MINAT, AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA SELAMA PEMBELAJARAN DARING DI ERA COVID-19

DISUSUN OLEH
MUTIARA, S.Pd
GURU SDN 1 GUNUNG MADU
KECAMATAN TERUSAN NUNYAI, KABUPATEN LAMPUNG TENGAH
PROVINSI LAMPUNG

DIBUAT SEBAGAI BENTUK DEDIKASI DAN PERHATIAN PADA DUNIA PENDIDIKAN

Deskripsi Karya Ilmiah:

Pandemi Covid-19 adalah wabah global yang mendunia. Hampir semua negara di dunia mengalami wabah yang mematikan ini, salah satunya adalah negara kita Indonesia.

Pandemi Covid-19 berdampak pada banyak sektor kehidupan, termasuk sektor pendidikan. Generasi muda penerus bangsa terpaksa kehilangan hak untuk mengikuti kegiatan pembelajaran di sekolah-sekolah atau lembaga pendidikan lainnya. Pelaksanaan sistem pendidikan berubah dari sistem tatap muka menjadi sistem dalam jaringan (daring). Pembelajaran daring tidaklah mudah untuk dilakukan, baik bagi sekolah, guru, peserta didik dan wali murid. Sekolah harus berinovasi menerapkan program-program yang mendukung terlaksananya pembelajaran daring. Guru harus bisa berkreasi membuat kegiatan belajar mengajar dalam jaringan agar tetap bermakna, tetap bisa menghadirkan sosok guru meskipun dari jarak jauh serta, membuat siswa mudah untuk mengerti materi yang disampaikan dengan model, metode, strategi, dan media yang tepat mengikuti perkembangan teknologi.

Selama pembelajaran daring dilakukan, peserta didik lebih banyak beraktivitas menggunakan gawai/gadget masing-masing. Jika pembelajaran yang diberikan guru bersifat monoton dan membosankan, maka muncul peluang peserta didik beralih menggunakan gawai/gadgetnya untuk aktivitas-aktivitas diluar pembelajaran, seperti mengakses game online, bermain media sosial, bahkan kemungkinan terburuk berpotensi mengakses fitur-fitur pornografi. Selain itu, tidak semua peserta didik berasal dari keluarga yang keadaan ekonominya baik.

Sehingga sebagian siswa terpaksa tidak selalu dapat mengikuti kegiatan zoom meeting atau kegiatan berbasis internet lainnya karena alasan tidak memiliki kuota internet. Hal ini berdampak kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan kurang bersemangat, siswa kurang berminat dalam mengikuti kegiatan belajar daring, dan nilai sebagian besar peserta didik di bawah KKM pada saat evaluasi. Jika hal ini dibiarkan berlarut-larut maka kualitas pendidikan di Indonesia dapat terancam.

Uraian di atas adalah hal yang melatar belakangi Saya sebagai guru untuk menulis karya ilmiah yang mengangkat judul tentang media slide power point interaktif berbasis android untuk meningkatkan minat, aktivitas, dan hasil belajar siswa selama pembelajaran daring di era covid-19.

Media slide power point interaktif berbasis android adalah salah satu software yang dirancang untuk menampilkan persentasi berupa multimedia yang menarik, mudah dalam pembuatan dan penggunaan. Informasi atau materi yang disampaikan melalui media slide power point interaktif akan dibuat dan diprogram sehingga anak lebih tertarik untuk belajar. Di dalam slide power point interaktif materi disajikan dengan gambar dan animasi yang menarik serta latihan soal-soal yang menguji pemahaman mereka terhadap materi tetapi dalam bentuk permainan, kemudian terdapat fungsi hyperlink yang dapat menghubungkan slide satu dengan slide lainnya, sehingga anak-anak akan belajar seolah-olah sedang bermain game atau berpetualang menggunakan gawai atau gagdet mereka masing-masing.

Terdapat banyak Kelebihan menggunakan media slide power point interaktif berbasis android dalam pembelajaran daring, antara lain sebagai berikut:

1. Guru atau pengajar dapat menulis dengan bentuk kreasi apa saja yang dianggap menarik.

2. Memiliki variasi teknis penyajian yang menarik dan beragam sehingga menghilangkan kesan pembelajaran daring yang monoton dan membosankan.

3. Slide power point interaktif dapat diisi dengan kombinasi warna yang menarik, gambar, animasi (gambar bergerak), vidio bahkan permainan sesuai kebutuhan.

4. Slide power point interaktif dapat diisi musik pengiring, atau rekaman suara guru untuk menjelaskan materi, sehingga guru seolah-olah hadir untuk siswa, hal ini sebagai salah satu fungsi media pembelajaran yang baik yaitu dapat mengatasi keterbatasan ruang.

5. Bisa disimpan dan digunakan kembali kapan saja, tidak harus menggunakan kuota internet setiap kali membuka.

Penggunaan media slide power point interaktif berbasis android dinilai sangat sesuai untuk dilakukan sebagai upaya menjaga kualitas pembelajaran dalam jaringan di era pandemi covid-19. Hal ini terbukti dapat setelah media ini digunakan dalam pemberian materi dan soal latihan jarak jauh dapat meningkatkan minat, aktivitas dan hasil belajar siswa selama pembelajaran daring dilakukan. Anak lebih bersemangat dan lebih mudah dalam memahami materi. Aktivitas belajar yang aktif mulai muncul. Anak lebih enjoy dalam mengerjakan soal latihan, karena mereka merasa bermain game bukan mengerjakan soal evaluasi saja. Animasi-animasi yang muncul pada saat mereka menjawab soal benar dan salah membuat mereka senang dan merasa terhibur. Semua itu adalah sedikit bukti bahwa tidak selalu pembelajaran daring itu membosankan. Kita dapat membuat pembelajaran daring lebih bermakna dengan menggunakan strategi, model, metode, dan media pembelajaran yang tepat.

Hasil karya ilmiah ini diharapkan menjadi motivasi dan pendukung bagi guru-guru dalam melaksanakan pembelajaran daring di era pandemi covid-19 dan sebagai bentuk dedikasi, perhatian, dan kecintaan pada dunia pendidikan. (Mr)


SHARE THIS

Author:

Etiam at libero iaculis, mollis justo non, blandit augue. Vestibulum sit amet sodales est, a lacinia ex. Suspendisse vel enim sagittis, volutpat sem eget, condimentum sem.

0 Comments: